AdvertorialDaerahTanah Bumbu

Tanbu Gelar Sosialisasi Pelaksanaan Advokasi Pendampingan PUG dan PPRG

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) gelar sosialisasi pelaksanaan advokasi pendampingan Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG).

Sosialisasi PUG dan PPRG berlangsung di Gedung Sekretariat TP PKK Tanbu, Kecamatan Simpang Empat, Senin (18/9/2023).

Peserta sosialisasi PUG dan PPRG merupakan Kasubag Perencanaan Keuangan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lingkup Pemkab Tanbu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Hj Narni melalui Sekretaris DP3AP2KB, Kartini membuka sosialisasi tersebut.

Kartini mengatakan PPRG merupakan suatu proses yang perlu di laksanakan oleh para perencana SKPD. Sebagai wujud adanya komitmen para pengambil keputusan, dengan harapan kegiatan yang di laksanakan berdampak bagi masyarakat.

Menurutnya, terkait dengan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) ada dua indikator yakni indek pembangunan gender dan indek pengarusutamaan gender.

Ia mengatakan isu gender berbeda dengan kata jenis kelamin. Kerena gender ini berkaitan dengan persoalan sosial atau soal peran.

“Kenapa ini diangkat, kerena isu gender ini bisa menimbulkan dampak,” Ungkapnya.

Contoh isu gender, bahwa perempuan itu tidak perlu sekolah tinggi-tinggi karena dia akan jadi ibu rumah tangga saja.

Dampak dari isu ini akan menyebabkan perempuan tidak di tuntut untuk melakukan pendidikan yang setinggi tingginya. Cukup SLTA saja dan di persiapkan untuk di jodohkan.

Stigma wanita tidak perlu sekolah tinggi-tinggi harus di ubah agar tidak memicu ketidakadilan gender.

“Hal hal inilah yang menjadi dampak penting sehingga isue gender itu harus di angkat. Sebab bukan hanya persoalan peran saja. Karena peran ini menimbulkan dampak, justru inilah yang harus kita atasi,” pungkasnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button